RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN 2 KEBUMEN
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/ semester ganjil
Alokasi Waktu :8 JP (8 x 45 menit)
A. Kompetensi Dasar dan Indikator
KompetensiDasar
|
Indikator
|
3.1Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan
yangdibaca
|
3.1.1.Menjelaskan konsep dan
pengertian surat lamaran pekerjaan
3.1.2
Menentukan isi surat lamaran pekerjaan yang dibaca
3.1.3. Menemukan jenis surat lamaran
3.1.4 Mengidentifikasi
sistematika surat lamaran pekerjaan
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk
visual.
|
4.1.1Menyebutkan sistematika, unsur unsur surat lamaran
4.1.2Menelaah
sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
dalam bentuk visual
4.1.3Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur
isi surat lamaran
Pekerjaan dan menyajikan dalam bentuk visual
|
B.
TujuanPembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, penugasan dan
praktik dengan model pembelajaran Inquiry Learningpeseta didik dapat
mengidentifikasikan, merumuskan konsep, mengomunikasikan dan menyimpulkan teks
surat lamaran untuk membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa ( karakter
religius ), menumbuhkan kemandirian (PPK), kerja sama
(PPK), sikap jujur, aktif, percaya diri dan
menghargai orang lain ( PPK integritas).
C. KegiatanPembelajaran
Peserta didik merespon salam,
menerima informasi tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai kegiatan pembelajaran ( metode dan
teknik penilaian)
|
Stimulation :
3. Guru menyajikan suatu permasalahan tentang
konsep, pengertian, isi, jenis dan sistematika teks surat lamaran
4.
Guru menyajikan suatu permasalahan tentang bentuk visual simpulan
sistematika dan isi teks surat lamaran
Problem Statement :
3. Peserta didik mengidentifikasi permasalahan dan mengajukan hipotesis konsep,
pengertian, isi, jenis dan sistematika teks surat lamaran
4.
Peserta didik mengidentifikasi permasalahan berupa bentuk visual kesimpulan sistematika dan isi surat lamaran
Data Collection :
3. Peserta didik mencari berbagai data
yang relevan untuk mendukung hipotesis
4.
Peserta didik mencari data tentang sistematika dan isi berbagai teks
surat lamaran
Data Processing :
3. Peserta didik mendiskusikan tentang
data konsep, pengertian, isi, jenis dan sistematika teks surat lamaran
4.
Peserta didik mendiskusi tentang bentuk visual sistematika dan isi
setiap jenis surat lamaran pekerjaan
Verification :
3. Peserta didik
memeriksa hasil pengolahan data berupa tentang konsep, pengertian, isi, jenis dan
sistematika teks
surat lamaran
4. Peserta didik memeriksa hasil
pengolahan data sistematika dan isi setiap jenis surat lamaran dalam bentuk
visual
Generalization :
3. Peserta didik menyimpulkan deskripsi konsep,
pengertian, isi, jenis dan identifikasi sistematika teks surat lamaran
4. Peserta didik
menyimpulkan sistematika danunsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dan menyajikan dalam bentuk visual
|
Guru beserta peserta didik menyimpulkan materi dan memberikan gambaran materi/ kegiatan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
|
D. Penilaian :
1.
Teknik : Tertulis
2.
Bentuk : PG danEsai, Praktik
Kebumen, Juni 2020
Kepala MAN 2 KEBUMEN Guru Mata Pelajaran
Emmi Kurniasih, S. Pd
‘’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’ NIP 19761107 200604 2007
Comments
Post a Comment