Skip to main content

RPP CV 19 Selembar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                             : MAN 2 KEBUMEN
Mata pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                 : XII/ semester ganjil
Alokasi Waktu                  :8 JP (8 x 45 menit)
A.     Kompetensi Dasar dan Indikator
KompetensiDasar
Indikator
3.1Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yangdibaca
3.1.1.Menjelaskan konsep dan pengertian surat lamaran pekerjaan
3.1.2 Menentukan isi surat lamaran pekerjaan yang dibaca
3.1.3. Menemukan jenis surat lamaran
3.1.4   Mengidentifikasi sistematika surat lamaran pekerjaan
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual.

4.1.1Menyebutkan sistematika, unsur unsur surat lamaran
4.1.2Menelaah sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
        dalam bentuk visual
4.1.3Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
        Pekerjaan dan menyajikan dalam bentuk visual
B.     TujuanPembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, penugasan dan  praktik dengan model pembelajaran Inquiry Learningpeseta didik dapat  mengidentifikasikan, merumuskan konsep, mengomunikasikan dan menyimpulkan teks surat lamaran untuk membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa ( karakter religius ), menumbuhkan kemandirian  (PPK), kerja sama (PPK), sikap jujur, aktif,  percaya diri dan menghargai orang lain ( PPK integritas).
C.     KegiatanPembelajaran
Peserta didik merespon salam, menerima informasi tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai kegiatan pembelajaran ( metode dan teknik penilaian)
Stimulation                :
3.  Guru menyajikan suatu permasalahan tentang konsep, pengertian, isi, jenis dan sistematika teks surat lamaran
4.   Guru menyajikan suatu permasalahan tentang bentuk visual simpulan sistematika dan isi teks surat lamaran
Problem Statement  :
3.  Peserta didik mengidentifikasi permasalahan dan mengajukan hipotesis konsep, pengertian, isi, jenis dan sistematika teks surat lamaran
4.  Peserta didik mengidentifikasi permasalahan berupa bentuk visual kesimpulan sistematika dan isi surat lamaran
Data Collection         :
3.  Peserta didik mencari berbagai data yang relevan untuk mendukung hipotesis
4.  Peserta didik mencari data tentang sistematika dan isi berbagai teks surat lamaran
Data Processing        :
3.  Peserta didik mendiskusikan tentang data konsep, pengertian, isi, jenis dan sistematika teks surat lamaran
4.  Peserta didik mendiskusi tentang bentuk visual sistematika dan isi setiap jenis surat lamaran pekerjaan
Verification               : 
3. Peserta didik memeriksa hasil pengolahan data berupa  tentang konsep, pengertian, isi, jenis dan sistematika teks
     surat lamaran
4.  Peserta didik memeriksa hasil pengolahan data sistematika dan isi setiap jenis surat lamaran dalam bentuk visual
Generalization          :
3.  Peserta didik menyimpulkan deskripsi konsep, pengertian, isi, jenis dan identifikasi sistematika teks surat lamaran
4.  Peserta didik menyimpulkan sistematika danunsur-unsur isi suralamaran pekerjaan dan menyajikan dalam bentuk visual
Guru beserta peserta didik menyimpulkan materi dan memberikan gambaran materi/ kegiatan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya

D.  Penilaian :
      1.  Teknik       :   Tertulis
      2.   Bentuk      :   PG danEsai, Praktik


                                    Kebumen,         Juni        2020 



Kepala MAN 2 KEBUMEN                                                                                                Guru Mata Pelajaran


                                                                                                                                                  Emmi Kurniasih, S. Pd
 ‘’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’                                                                                        NIP 19761107 200604 2007

Comments

Popular posts from this blog

  Untuk Anakku Aku tak punya apa apa anakku.... Hanya tanda koma dan tanda titik Beberapa tanda tanya... Sedikit tanda seru Hanya tanda koma dan tanda titik Bebebrapa tanda tanya... Sedikit tanda seru Aku tak punya apa apa anakku Hanya sedikit remah remah roti Sisa pemberianmu... Roti yg kau beri dengan cinta dan ketulusan... Aku tak punya apa apa anakku Hanya sedikit bisikan pada Tuhan Agar tanda titik yg kupunya bisa kau sematkan dibukumu Tanda tanya yang kupunya  Kau pakai sebagai topi agar tak kehujanan apalagi kepanasan Saat jiwa terasa senyap Saat kau lihat ramai  Berebut remah remah sisa pesta Kau bisa menggunakan tanda seru yg pernah ku titipkan padamu Aku tak punya apa apa anakku Hanya bisikan penuh resah Kutitipkan negri ini dibahumu Agar ia tak lupa pada tanah yg menjadikanmu ada.... # Jumatberkah # cerita  pagi 😊 16 nov 2018
Tempat terindah Ketika malam bertasbih kepadaMU Senyap begitu terasa teringat perjalanan hidup penuh dosa perlahan titik air mata mengalir deras mengharap pintu taubatMu terbuka untukku... aku dicekam takut yang mengigit... di sisa umurku masih mampukahku menggapai RidhoMU. .izinkan aku turut berada di tempat terindah milikMU... bersama mereka yang KAu cintai izinkan....    

Keutamaan Menuntut Ilmu

Keutamaan Mencari Ilmu” مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)